Minggu, 05 Mei 2013

Makanan Khas Betawi



pdfcast
Indonesia memiliki beragam masakan khas sebagai kekayaan tiap daerah masing2. Beberapa makanan khas dari Betawi  di antaranya adalah :
1. Roti Buaya
roti buaya
Rasanya mirip dengan roti tawar pada umumnya. Ukuran rotinya yang terbilang besar dan bentuk roti yang menyerupai buaya memiliki keunikan tersendiri. Roti buaya merupakan salah satu persembahan untuk pengantin dalam adat masyarakat betawi.
2. Kerak Telor
cdd0c01ef4d711e1a44612313804e8c1_6
Kerak telor sering dijumpai di daerah PRJ (Pekan Raya Jakarta) dan Kemayoran.  Dibuat dari bahan-bahan antara lain seperti beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi (udang kering) dan parutan kelapa yang disangrai kering, serta bawang goreng, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam dan gula pasir sebagai bumbu pelengkapnya.
3. Kembang Goyang
Kembang-goyangresep masakan
Terbuat dari tepung beras yang di cetak dalam sebuah cetakan yang berbentuk bunga dan memiliki rasa gurih.
4. Kue Rangi
kue-rangi2
Kue Tradisional khas betawi yang terbuat dari adonan parutan kelapa kelapa dan sagu yang dibakar kemudian dibalut saus gula merah yang manis dan legit
5. Gado-Gado Betawi
gado-gado27kuliner kita
Berupa sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Sebagai tambahan ada emping goreng atau kerupuk.
6. Soto Betawi
soto betawi pak kus 3 justtryandtaste
Soto Betawi hadir dalam kuliner masakan Indonesia sekitar tahun 1977 – 1978. Yang memopulerkan adalah penjual soto di THR Lokasari / Prinsen Park, tentunya dengan ciri khas cita rasa sendiri.
7. Lontong Sayur Betawi
lontong-sayur masakoke
Sayur lontong menggunakan pepaya muda (godog) dengan kuah santan gurih yang berasa pedas merupakan ciri khasnya. /mkyou/

sumber : http://blog.travelkota.com/makanan-khas-betawi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog