Kamis, 25 April 2013

Dulu Cantona, Kini Van Persie



Dua dekade lalu Manchester United dibawa jadi juara Premier League pertama kali oleh eks pemain klub rival mereka, Eric Cantona. Musim ini cerita yang sama kembali diulangi oleh Robin van Persie.

Cantona di pertengahan musim 1992-1993 pindah dari Leeds United yang notabene saat itu adalah rival MU dan baru saja menjuarai Liga Inggris terakhir dengan format lama.

Meski baru bergabung enam bulan, Cantona langsung memberikan impact besar untuk MU di mana 'Setan Merah' tampil sebagai juara Premier League untuk pertama kalinya. Cantona pun jadi pemain pertama yang back-to-back juara bersama dua klub berbeda.

Musim depannya jadi puncak karier Cantona boleh dibilang di kala ia membawa MU mempertahankan titel juara sekaligus mencetak 25 gol dari 49 penampilan, raihan gol tertinggi 'King Eric' selama berseragam 'Setan Merah'.

Di musim 1995-1996 dan 1996-1997 Cantona juga berhasil lagi membawa MU jadi juara sebelum akhirnya pensiun tahun 1997. Cantona sendiri pindah ke Old Trafford saat berusia 26 tahun.

Duapuluh tahun setelahnya datang lagi seorang pemain yang berasa dari tim rival, Van Persie dan efek yang ia berikan pun sama yakni titel Premier League ke-12 sekaligus gelar ke-20 MU di Liga Inggris.

Tak hanya titel juara, Van Persie pun membantu dengan sumbangan golnya yang sudah mencapai 24 dan menjadikannya topskorer sementara Liga Inggris. Sempat diragukan akan sukses karena sudah berumur 29 tahun dan rentan cedera, Van Persie membayar tuntas harga 24 juta poundsterling plus gaji 220 ribu poundstrerling per pekan.

"Dalam hal dampak untuk tim, aku pikir dia (Van Persie) sudah membuat dampak besar seperti yang saya bisa bayangkan. Cantona adalah big-impact player dan saya sangat beruntung pernah memiliki striker-striker hebat," ujar Fergie di Soccernet.

"Aku pikir Robin adalah pemain hebat untuk Arsenal dan ketika pemain hebat itu bisa dibeli maka Anda merasa United harus segera membelinya. Aku pikir kami punya ekspetasi untuknya -- performanya musim lalu sangat luar biasa. Aku mengingat Arsene mengatakan 'Dia adalah pemain yang lebih baik dari yang Anda bayangkan'. Aku tahu ia bisa cepat menyatu dengan tim.


sumber : http://klik77.blogspot.com/2013/04/mu-dulu-cantona-kini-van-persie.html

Arsip Blog