Lokasi: Sogn og Fjordane, Norwegia
Latar
Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase
konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan
Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang
dibangun dengan waktu terlama di dunia.
Mengapa
Unik : Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat
monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana
mempertahankan konsentrasi pengemudi. "Reaksi psikologis seseorang di
dalam terowongan sangat penting ... hal itu membuat perbedaan antara
orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu,"
kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di University
of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang berbeda.
"Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang
dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik." Beberapa
solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru
terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat driver
konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi
menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi
dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa
terowongan yang lebih kecil.
2. Terowongan Channel
Location : Coquelles, Perancis
Latar
Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini
menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan
31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.
Mengapa
Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah
sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. "Ada
usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka
berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik," kata Hashash.
setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua
negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena
panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk
jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam
terowongan.
Latar
Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion
di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.
Mengapa
Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai
sarana pengemudi menikmati pemandangan. "Ketika Anda meninggalkan Sion
menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan
yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan
cantik," kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir,
yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali
selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.
Latar
Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk
melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan
penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan
telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko.
Mengapa
Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko
menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun
tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan,
sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan
dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun
selama dua tahun.
Background:
Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi
penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya
telah menunda penyelesaiannya.
Mengapa
Unik : Terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang
menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus
untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan
Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan
kedalaman maksimum 180 meter.
Latar
Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak
mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat
dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah
tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.
Mengapa
Unik : "Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama
kalinya konsep perisai tunneling digunakan," Hashash menceritakan. "Ini
adalah tonggak utama." Perisai tunneling adalah suatu alat yang
dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai
dukungan sementara struktur, konstruksi yang memungkinkan kru untuk
aman, dan datar, menginstal sistem dukungan permanen di bawah air.
Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang baru pada awal abad
ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa masuk di dalam lokasi
konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan makan di dalam struktur
yang belum selesai. Ketika terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria
memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia
konstruksi.
Latar
Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau Honshu
dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.
Mengapa
Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel
adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil
membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian kawasan
geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para insinyur
dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk menghancurkan dan
menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.
Latar
Belakang : Yerba Buena Island adalah sepotong kecil tanah kosong di San
Francisco Bay, antara Oakland dan San Francisco. Sebuah jembatan lima
jalur di satu sisi, dengan dua jembatan gantung di sisi lain.
Mengapa
Unik : Dengan diameter 76 kaki, Yerba Buena Island adalah terowongan
tunggal terluas di dunia, dibuka pada bulan November 1936. Hashash
berspekulasi bahwa menambahkan terowongan itu yang paling menghemat
biaya dan suatu solusi memungkinkan untuk melewati pulau, daripada hanya
membangun satu jembatan besar.
Latar
Belakang : Tiga terowongan yang berbeda itu ditemukan merayap di bawah
zona demiliterisasi Korea, salah satu perbatasan paling diperdebatkan di
dunia, sepanjang tahun 1970-an. Semua tampak berasal dari Korea Utara,
dan kemudian, pada tahun 1990, terowongan keempat ditemukan.
Mengapa
Unik : Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan Ketiga
dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute bawah tanah
Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan militer
besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk antar-jemput
seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan bahwa sebanyak
20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting hubungan antara Utara
dan Korea Selatan.
Latar
Belakang: Pembangunan terowongan ini dimulai jutaan tahun yang lalu,
ketika asam karbonat mulai menggerogoti batu kapur dan dolomit bedrock.
Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal geologi pada tahun 1832
adalah dokumentasi pertama dari keberadaan terowongan ini.
Mengapa
Unik : Terowongan dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung
kereta api, sehingga pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api
penumpang yang melalui struktur alam ini. Hari ini, kereta api penumpang
tidak lagi digunakan, tetapi pengangkutan terus untuk mengangkut batu
bara melalui terowongan secara teratur. Karena kagum terhadap struktur
alam ini, William Jennings Bryan, calon presiden tahuna1896 dan Woodrow
Wilson's menteri luar negeri, menyatakan itu adalah keajaiban dunia ke
delapan.
Latar
Belakang : Pengemudi akan menemukan ini terowongan dengan panjang 1,67
mil, sekitar satu jam di sebelah barat Denver di tengah-tengah Rockies.
Dibuka pada tahun 1973, menyingkat hampir satu jam dibandingkan rute
alternatif melalui Loveland Pass.
Mengapa
Unik : Ada banyak hal yang membuat Eisenhower Tunnel menonjol, seperti
dengan ketinggian 11.158 kaki, yang menjadikannya salah satu terowongan
yang tertinggi di dunia, serta fakta bahwa itu adalah terowongan gunung
terpanjang di AS. Menambah struktur's mistik adalah bahwa ia memotong di
bawah Continental Divide, titik di mana badan-badan air yang mengalir
ke Pasifik dibagi dari tubuh air yang mengalir ke Atlantik.
Latar
Belakang : Jauh di perut Cheyenne Mountain adalah sebuah kota-seperti
kompleks militer yang pernah menjadi pusat Pertahanan Luar Angkasa
Amerika Utara (NORAD). Dirancang selama puncak Perang Dingin, fasilitas
ini dimaksudkan untuk menahan ledakan nuklir dan dilengkapi dengan fitur
mandiri, seperti menyediakan pasokan air dari mata air di gunung.
Mengapa
Unik : Karyawan di kompleks ini bolak-balik setiap hari menyusuri
terowongan sekitar 2000 kaki, perjalanan melalui beberapa pintu ledakan
seberat 25-ton di sepanjang jalan. Para Insiyur membangun terowongan ini
dengan menembus batu granit padat. Fasilitas ini dibuka pada tahun
1966. "Granit merupakan batu yang sangat keras," kata Hashash. "Untuk
struktur pelindung itu sangat baik."
13. MailRail
Lokasi : London, Inggris
Latar
Belakang: Beberapa kantor pos di bawah tanah telah bereksperimen dengan
pengiriman surat. USPS digunakan pada sistem yang rumit selama awal
abad ke-19, tapi London mengambil pendekatan yang sama sekali berbeda
dan membangun rel kereta skala bawah tanah yang digunakan hanya untuk
paket.
Mengapa
Unik : Sekitar 23 mil kereta surat lagu berlari sepanjang MailRail, dan
terletak 70 meter di bawah hiruk pikuk keramaian dan jalan-jalan di
London. Selama masa kejayaan sistem ini, kereta listrik tak berawak
menyeret sebanyak 4 juta huruf perhari. Kereta bisa membuat itu dengan
melalui 6,5 mil-terowongan dalam waktu kurang dari setengah jam,
berhenti di sembilan stasiun yang menyortir surat di sepanjang jalan.
Penggunaan sistem di turunkan secara bertahap hingga tahun 2003, ketika
terowongan dan rel ditinggalkan karena kendala biaya.
14. Tokyo Bay Aqua-Line
Lokasi : Kawasaki City, Jepang
Latar
Belakang: Jembatan dengan panjang hampir 3-mil ini masuk ke
6-mil-terowongan di wilayah rawan gempa bumi. Struktur dibuka untuk lalu
lintas pada tahun 1997, berfungsi sebagai sarana komuter antara
Kawasaki dan Kisarazu Kota Kota kurang lebih 45 menit sekali jalan.
Mengapa
Unik : Sementara kombinasi jembatan dan terowongan ada di seluruh
dunia, tempat istirahat besar dibangun di atas sebuah pulau buatan di
pintu masuk terowongan ini membuat Aqua-Line berdiri di antara mereka.
Pulau, yang disebut Umi-Hotaru, yang diterjemahkan menjadi
"kunang-kunang laut," bertindak terutama sebagai tempat istirahat yang
terdiri dari toko-toko dan restoran, dan dek pengamatan yang tampak di
teluk.
Latar
Belakang : Kanada pada musim dingin bisa brutal, tapi tunel ini
menyediakan kompleks bawah tanah yang sangat besar dengan cepat dan
hangat untuk sampai pada pusat kota Toronto. Lebih dari 100.000
penumpang setiap hari melewati sistem mal bawah tanah serupa, yang
merupakan rumah bagi lebih dari 1200 toko ritel.
Mengapa
Unik : Beberapa kota, termasuk Houston, Minneapolis dan Montreal,
memiliki sistem bawah tanah yang serupa, tetapi Toronto membuat
terowongan yang terbesar, sekitar 16 mil. Akuntansi untuk faktor-faktor
psikologis adalah suatu pertimbangan penting untuk kompleks ini, Hashash
berkata, terutama ketika berorientasi ke pejalan kaki dengan keberadaan
mereka dengan tepat. Toronto mengembangkan sistem signage komprehensif
untuk kompleks terowongan selama tahun 1990-an, dan setiap huruf di
sesuaikan dengan warna dan merepresentasikan arah yang berbeda. Komuter
berjalan melalui bagian merah dapat yakin mereka menuju selatan,
sementara oranye akan menunjukkan bahwa mereka sedang berjalan ke barat.
Latar
Belakang : ini labirin terowongan luas yang memainkan peranan penting
dalam strategi Vietkong selama kedua Perang Indochina Perancis dan
Perang Vietnam. Perkiraan pada ukuran sebenarnya terowongan berkisar
lebih dari 150 mil.
Mengapa
Unik : Sistem terowongan Vietkong dibangun di seluruh Vietnam, tapi
terowongan di Cu Chi telah menjadi tujuan wisata yang populer dalam
beberapa tahun terakhir. Pengunjung dapat bekerja dengan cara mereka
melalui ruang sempit, periksa jebakan mematikan dan bahkan mengunjungi
pusat komando bawah tanah di mana serangan Tet itu direncanakan.
Beberapa terowongan hanya beberapa meter, sementara yang lain telah
diperluas untuk mengakomodasi wisatawan yang lebih besar.
Latar
Belakang : Jika terowongan ini sudah selesai dikerjakan, ini akan
menjadi terowongan transportasi terpanjang dengan panjang lebih dari 35
kilometer. Pengeboran melalui Pegunungan Alpen Swiss bukanlah tugas yang
mudah, sehingga batas waktu untuk penyelesaian telah mundur beberapa
tahun, dan biaya telah meningkat sebesar miliaran euro.
Mengapa
Unik : Meskipun pegunungan, perjalanan kereta melalui Terowongan Basis
Gotthard akan tetap pada ketinggian yang hampir sama untuk seluruh
perjalanan. "Kebutuhan untuk mempertahankan elevasi adalah suatu
pertimbangan penting jika Anda ingin menjalankan rel kecepatan tinggi
melalui terowongan," kata Hashash. Dan sementara biaya proyek telah
meningkat, terowongan dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan
perdagangan antara Swiss, Italia, Jerman, Austria dan banyak negara
Eropa lainnya.
18. Jiucyudong Tunnel
Lokasi : Taroko National Park, Taiwan
Latar
Belakang : Struktur buatan manusia ini juga dikenal sebagai Tunnel of
Nine Turns, referensi ke gulungan naga cerita rakyat populer di Cina dan
mitologi.
Mengapa
Unik : The Tunnel of Nine Turns melalui tebing dan berjalan sepanjang
tepi sungai di Taroko National Park, sebuah daerah yang dikenal karena
kekayaan geologi, termasuk bentuk giok endemik ke Taiwan. Selesai pada
tahun 1996, struktur memberikan sekilas formasi marmer alam yang unik,
batu-batu yang jatuh walaupun tidak menimbulkan ancaman nyata-dan helm
mungkin diperlukan untuk pelancong.
sumber : http://blognyajose.blogspot.com/2012/01/18-terowongan-paling-unik-di-dunia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar